Tips Sehat, Cantik dan awet muda

Tampil cantik, sehat dan awet muda tentunya merupakan idaman hampir setiap wanita. Mulai dari perawatan rambut, perawatan kulit, hingga berbagai usaha lain yang tentunya dilakukan bertujuan untuk menjaga agar tetap dapat tampil cantik dan terlihat lebih muda dari usia sebenarnya.
Untuk melakukan perawatan tubuh, terkadang kita harus mengeluarkan biaya yang terbilang tidak sedikit. Saat ini, telah banyak salon-salon yang menawarkan aneka jasa perawatan untuk tubuh kita.

Namun tahukah Anda, menurut para ilmuwan, perawatan tubuh tentunya tidak selalu identik dengan salon. Menurut hasil penelitian, kita hanya perlu memperhatikan beberapa hal supaya tetap dapat tampil cantik, sehat dan awet muda.
1. Tetap Jaga Kestabilan Berat Badan Anda

Menurut ketua departemen nutrisi di Harvard School of Public Health, Walter Willet, sebaiknya wanita mampu tetap menjaga Kestabilan Berat Badan dan mampu menghindari rokok, karena hal ini sangat penting untuk dilakukan agar kondisi tubuh Anda tetap sehat dan mampu bertahan untuk hidup lebih lama.
Mengkonsumsi suplemen makanan
2. Mengkonsumsi suplemen makanan

Menurut penelitian Bruce N. Ames, PhD, seorang profesor biokimia dan biologi molekuler di University of California, Berkeley, zat kimia yang ada dalam tubuh kita dapat meningkatkan proses keluarnya energi dari sel-sel dalam tubuh kita. Faktanya, jika sel-sel ini membusuk maka dapat mengakibatkan proses penuaan tubuh menjadi lebih cepat dan dapat menimbulkan bermacam penyakit. Bila kita sering mengkonsumsi suplemen makanan, maka energi dan daya tahan tubuh kita akan menjadi lebih baik.
3. Membatasi konsumsi makanan yang berkalor

Dalam sebuah studi baru-baru ini di Washington University School of Medicine di St Louis, menunjukkan bahwa orang yang membatasi asupan kalori dalam tubuhnya akan terlihat lebih muda dari pada orang yang memiliki asupan kalori secara reguler setiap harinya.

Dalam penelitian lain, pembatasan kalori mampu meningkatkan kadar insulin darah dan memiliki lebih sedikit tanda-tanda kerusakan pada DNA . Dengan mengurangi asupan makanan , para ilmuwan percaya, dapat mengurangi jaringan dan keausan dari gula darah berlebihan, peradangan, atau radikal bebas.
Dua orang profesor toksikologi dan ilmu kesehatan lingkungan di University of Massachuserrs, Armherst, Edward Calabrese, PhD, dan Mark Mattson, PhD, menyarankan kita untuk mengurangi mengkonsumsi makanan yang berkalori. Merekapun menganjurkan kita supaya lebih banyak meminum air putih dan mencoba berpuasa sebanyak satu hari dalam seminggu.
4. Pemakaian pelembab
Kulit wajah sangat rentan mengalami
kekeringan, gunakan pelembab wajah setiap hari dan malam hari agar
kulit wajahmu senantiasa sehat dan terjaga kelembabannya.

5. Olah raga secara teratur
Olah raga secara teratur dapat meningkatkan aliran darah, memberi nutrisi kulit , dan kulitpun akan kencang.

6. Pola hidup sehat
Bisa
dilakukan dengan banyak makan buah dan sayuran segar dan berserat.
Hindari terlalu sering tidur malam dan minum-minuman yang berkafein,
seperti kopi.

7. Minum air putih
Upayakan minum air putih
delapan gelas sehari karena berguna untuk mengeluarkan zat sisa dari
tubuh dan membuat sel kulit tetap sehat.

8. ehhhh ada satu lagi yang paling penting….selalu positif thinking, ini bisa jauhin kita dari stress.
Punya banyak keinginan boleh-boleh saja, tapi ga usah kelewat ambisi apalagi kalo sampe negatif thinking sama orang disekitar kita. Keep smiling dan positif thinking juga merupakan jurus yang lumayan mujarab buat terlihat cantik, sehat dan awet muda.
Share this post to your friends!

Tips Pola Hidup Sehat

1. Kurangi makanan berlemak tinggi, seperti mentega, margarine, dan santan. Lebih baik dapatkan asupan lemak alami dari kacang-kacangan atau biji-bijian. Lupakan jeroan, otak, makanan berkuah santan kental, kulit ayam dan kuning telur. Pilihlah daging tanpa lemak, makanan berkuah bening, susu rendah lemak, susu kedelai, yogurt, putih telur, dan ikan sebagai sumber protein yang baik

2. Sedapat mungkin hindari bahan pangan atau bahan pengawet yang dalam jangka panjang dapat menjadi pemicu kanker.

3. Pilih makanan atau minuman yang berwarna putih alami (bukan di-bleach). Gunakan pewarna dari bahan makanan misalnya warnet coklatnya dari bubuk coklat, merahnya strowbery, kuningnya kunyit, dan hijaunya daun suji. Jangan menambahkan saus, kecap, garam dan bumbu-bumbu penyedap secara berlebihan. Perbanyak makan buah dan sayuran.

4. Teknik pengolahan makanan juga mempengaruhi mutu makanan. Pilih makanan dengan metode memasak dikukus, direbus, atau ditumis dengan sedikit minyak.

5. Perbanyak minum air putih, mineral 8 gelas sehari, hindari minuman beralkohol, bersoda dan minuman dengan kandungan gula dan kafein tinggi. Jus sayuran dan buah baik untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh.

Jenis-jenis makanan sehat

Makanan kita yang mula-mula. Ketika Allah menciptakan Adam dan Hawa, la memberikan petunjuk yang pasti mengenai apa yang mereka harus makan. Kejadian 1:29 mengatakan: “Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu,”Makanan Adam yang terdiri dari buah-buahan, kacang-kacangan dan gandum telah disesuaikan dengan menyertakan seluruh tanaman setelah is diusir dari Taman Eden. Kejadian 3:18 “Semak duri dan rumput duri yang akan dihasilkannya bagimu, dan tumbuhtumbuhan di padang akan menjadi makananmu.”

Seribu tahun kemudian, setelah air bah pada zaman Nuh, terjadi perusakan menyeluruh pada semua tanaman, yang menuntun Allah untuk mengizinkan hewan sebagai makanan. Allah mengatakan, “segala yang bergerak, yang hidup, akan menjadi makananmu. Aku telah memberikan semuanya itu kepadamu seperti juga tumbuh-tumbuhan hijau.” Kejadian 9:3.

Izin khusus ini mengandung tiga syarat yang seringkali diabaikan :

Daging itu harus dikeringkan dari darah. (Kejadian 9::4)

Hanya hewan yang “halal” yang harus digunakan sebagai makanan (Kejadian 7.2; Imamat 11:1-28)

Jangan membunuh binatang kalau memang tidak perlu. (Kejadian 9.5).

Makanan Vegetarian adalah terbaik bagi kita

Ilmu pengetahuan menemukan bahwa manusia memiliki organ-organ tubuh yang khusus dengan fungsi dan proses yang bekerja menurut hukum-hukum alam tertentu. Hukum alam ini, jika dituruti, akan memelihara tubuh sehat dan bekerja dalam tingkat yang normal. Menyimpang dari hukum alam ini bisa memberikan pengaruh yang merusak pada tubuh manusia. Kita diciptakan untuk menjadi vegetarian. Ada perbedaan antara herbivora (binatang pemkan tanaman) dan karnivora (binatang pemakan daging), misalnya:

MULUT. Mulut manusia terbuka kecil, sedangkan binatang pemakan daging seperti anjing mempunyai mulut yang terbuka lebar sehingga segumpal besar daging bisa masuk ke dalam mulut.

SUSUNAN GIGI. Manusia mempunyai gigi Seri yang memotong tajam dengan gigi geraham yang datar atau rata digunakan untuk melumatkan dan mengunyah makanan sama seperti hewan herbivora (pemakan tanaman). Pada segi lain, pemakan daging (karnivora) mempunyai gigi taring yang panjang, kuat dan tajam untuk merebut dan merobek-robek daging. Gigi taringnya tajam di sisinya sampai mendekati rahang yang digunakan untuk memotong daging.

GERAKAN RAHANG. Gerakan rahang pemakan daging searah buka dan tutup saja. Di pihak lain binatang pemakan tanaman mempunyai tiga gerakan rahang yang berbeda – vertikal atau keatas dan ke bawah ke samping, atau ke sisi-sisi dan ke depan clan ke belakang seperti manusia.

USUS. Pemakan daging memiliki perut yang sederhana, usus kecil yang pendek, dan usus besar yang sangat pendek, lurus dan licin. Di pihak lain, pemakan tanaman mempunyai kapasitas perut yang lebih besar dengan bagian-bagiannya yang seringkali rumit, misalnya perut ternak piaraan/sapi yang berlipat-lipat ganda. Usus kecilnya sangat panjang dan usus besarnya panjang dan licin. Usus manusia tidak berbentuk seperti para pemakan daging.

JALUR KERINGAT. Pemakan tanaman berkeringat melalui kulit sama seperti manusia, sedangkan hewan pemakan daging berkeringat melalui mulut. Ludah manusia mengandung enzim ptilin, sama seperti hewan pemakan tanaman, yang digunakan untuk mencerna tepung, tajin. Manusia meminum air dengan mengisap/menyedot seperti pemakan tanaman. Sedangkan semua hewan pemakan daging menghirup dengan lidah mereka. Garam empedu manusia seperti hewan pemakan tanaman dan bukan seperti pemakan daging.

Makanan Vegetarian Mencegah Penyakit

Oleh karena manusia dirancang bukan untuk memakan daging, tidak heran begitu banyak penyakit yang menakutkan timbul sebagai akibat dan memakan daging, termasuk dalamnya kanker, penyakit jantung kardiovakular dan cerebrovaskular, penyakit seperti serangan jantung, stroke, darah tinggi, dll. Ilmu pengetahuan telah lama membuktikan bahwa makanan vegetarian bisa mencegah penyakit-penyakit ini. Jauh sebelumnya, tahun 1961, majalah “Journal of American Medical Association” menyatakan: “Makanan vegetarian bisa mencegah 97% dari penyumbatan urat nadi jantung.”

Rita Butram PhD, Kepala Bidang Makanan dan kanker pada Lembaga Kanker Nasional (NCI) Amerika mengadakan bahwa 3540% dari semua kematian akibat kanker ada kaitannya dengan makanan. Selanjutnya ia berkata bahwa NCI Amerika telah menentukan tahun 2000 untuk mencapai tujuan mengurangi kematian akibat kanker sampai 50%. Menurut Dr. Butram, tujuan ini bisa tercapai jika orang-orang menuruti anjuran dari Lembaga NO Amerika ini, sebagai berikut:

*

Kurangi lemak sampai 30% dari total kalori
*

Tingkatkan makanan serat sampai 20-30 gram perhari, dengan batas paling banyak 35 gram.
*

Jaga berat badan yang ideal
*

Makan lebih banyak buah dan sayur-sayuran.
*

Makanan Vegetarian meningkatkan Daya Tahan

Dr. Per Olof Astrand, seorang ilmuwan Swedia yang kesohor, mengadakan percobaan untuk menentukan makanan yang terbaik bagi para olahragawan. Dengan memilih sembilan atlit untuk percobaannya, iamemberikan mereka makanan-makanan yang berbeda, untuk tiga hari. Makanannya adalah sebagai berikut:

Fase I: makanan campuran yang normal

(daging, kentang, wortel, kol, dan mentega). Para atlit mengayuh pada sepeda-diam untuk rata-rata 114 menit.

Fase II: protein tinggi dan lemak dari hasil hewani

(daging, ikan, mentega dan telur). Mereka bisa mengayuh sepeda-diam selama 57 menit sebelum kelelahan.

Fase III: makanan berkarbohidrat tinggi

(roti, kentang, jagung clan aneka sayuran dan buah-buahan).Mereka sanggup mengayuh sepeda-diam untuk rata-rata sekitar 167 menit.

Dengan kata lain daya tahan mereka hampir tiga kali lipat lebih besar bilamana mereka memakan makanan vegetarian dibanding jika mereka makan daging dan hasil peternakan lainnya.

Schontenden menguji sejumlah mahasiswa Universitas di Brussels untuk membandingkan kekuatan tenaga dari orang-orang yang sama sekali vegetarian melawan orang-orang yang suka makan daging. Para mahasiswa diharuskan mengikuti dua uji fisik:

*

Menekan “ergograph” dengan tangan kanan
*

Mengangkat berat

Hasilnya menunjukkan bahwa para vegetarian mencapai rata-rata 69 angka pada ergograph dan pemakan daging hanya mencapai 38 angka. Vegetarian yang paling kuat mencapai angka 1,457 dalam angkat berat, sedangkan pemakan daging yang paling kuat hanya mencapai angka 1,049. Suatu hal yang mengejutkan ialah bahwa ia mendapati para vegetarian lebih cepat pulih setelah menguras tenaga sehingga lebih siap mengulangi percobaan itu dibanding dengan lawan-lawan mereka.

Tidak heran sebagian besar dari atlit-atlit dunia adalah vegetarian. Apakah rahasia dari kemenangan para atlit ini? Jika seorang memakan makanan yang mengandung karbohidrat, itu akan diubah menjadi glukosa dan tersimpan di dalam hati (lever) dan otot dalam bentuk glikogen. Banyaknya glikogen pada otot penting untuk mengubah ATP (Adenosine Triphosphate) menjadi ADP (Adenosine Diphosphate) -yang menghasilkan tenaga. Karena itu, lebih banyak jumlah karbohidrat yang dimakan, lebih banyak tenaga dihasilkan. Daging tidak mengandung karbohidrat sedikitpun. Sebab itu, seorang vegetarian akan menghasilkan lebih banyak tenaga.

Pedoman bagi suatu Makanan yang terbaik:

• Gunakan ANEKA RAGAM padi-padian (biji-bijian) dan sayur-sayuran.

• Siapkan makanan sesederhana mungkin, namun menarik dan mendatangkan selera. Rebus, bakar atau panggang, gantinya menggoreng. Hindari lemak. Gunakan semua jenis lemak sejarang mungkin (minyak nabati, lebih baik).

Makan Teratur :

Pagi: Makanan yang terbaik dan terbanyak. (sarapan pagi seperti raja)

Siang: Makanan yang kedua terbaik (makan siang seperti pangeran)

Malam: Makanan teringan dari hari itu (makan malam seperti pengemis).

Jangan makan di antara waktu makan

la seorang yang sangat kuat. Tingginya sekitar 180 cm, seorang peternak yang berambut merah. Seorang pekerja keras dan hidupnya pun keras; ayah tiga anak dan suami seorang istri. Dan istrinya memberinya makan apa saja yang ia inginkan. Babi kukus dan telur untuk sarapan pagi, susu asli langsung dari sapi, roti putih bakar atau biskuit, mentega dan kopi. Dan rokok sampai siang, sambil ia bisa menikmati daging sapi dan kentang yang dilembutkan dalam saus yang disegarkan oleh susu asli, tepung dan air daging dari panci daging goreng. Demikian juga makan malam.

Hidup itu menyenangkan! …. Sampai umur 47. Serangan jantungl Dan kemudian lumpuh untuk empat tahun. Empat tahun lamanya takut mati, namun takut akan kehidupannya yang ia ingin hidupkan itu! Lalu, akhirnya, serangan terakhir. Anak-anak baru saja meninggalkan sarang. Dan sekarang ketika mereka baru saja terbangun untuk merasakan kebutuhan akan seorang ayah – tidak ada ayah lagi” Statistik tidak mencatat kesedihan yang mendalam, kekecewaan, harapan yang frustrasi, penderitaan, usaha yang berani untuk menyesuaikan diri dengan kesepian. Sedih. Dan sebenamya keadaan itu bisa lain sama sekali dari itu.

Dengan mengikuti prinsip-prinsip makanan sehat yang kita telah perbincangkan dalam risalah ini, anda bisa mendapatkan kesehatan yang sebaik-baiknya secara umum. Dengan mengikuti pedoman rajapangeran-pengemis, kelebihan berat badan anda tidak lagi menjadi masalah. Anda akan tidur lebih nyenyak malam hari jika anda tidak makan makanan berat malam hari yang harus terus dicerna sementara anda tidur. Banyak manfaatnya selain mencegah penyakit, meningkatkan kekuatan. Yang penting ialah, cobalah untuk diri anda sendiri dan temukan betapa hidup anda itu menyenangkan nantinya! Dengan pertolongan Allah, anda dapat melakukannya

Tips Sarapan Praktis dan Sehat

http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/Sarapan-sehat.jpg
RIBUNNEWS.COM – Sarapan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, kerapkali tidak sedikit yang melewatkannya hanya karena alasan sibuk. Pikirkan lagi, jangan hanya karena Anda bergegas keluar pintu di pagi hari, tidak berarti membuat gizi Anda tergadai kan? Yuk ikuti tips dari RD.com berikut.

Upayakan meluangkan beberapa menit selama akhir pekan atau pada hari libur Anda dan merencanakan makanan Anda terlebih dahulu. Anda akan menghemat uang, kalori dan tentu saja tetap sehat.

Cobalah beberapa menu praktis. Jangan lupa menakar kadar gizinya. Roti gandum utuh, selai kacang alami, dan irisan pisang membuat sarapan kaya protein yang akan membuat Anda bersemangat.

Membuat sandwich malam sebelum dan tempat dalam tas sandwich tertutup. Simpan dalam lemari es dan makan dingin atau panas dalam oven pemanggang roti di pagi hari. Nah, praktis dan tetap sehat bukan? Ayo mulai merencanakan mau sarapan apa besok.

Tips Merawat Kulit untuk Usia 20 dan 30-an

VIVAnews – Kulit merupakan bagian terluas dari tubuh manusia. Tiap orang pasti mempunyai masalah kulit yang berbeda-beda. Kondisi lingkungan dan gaya hidup yang sulit dihindari, khususnya di kota besar mengakibatkan semakin kompleksnya permasalahan yang kini dialami kulit wanita.

Permasalahan kulit yang semakin kompleks memaksa wanita untuk bertindak sekarang dan melakukan perawatan kulit lebih intensif bila tidak ingin kehilangan kesempatan mempertahankan kondisi kulit.

Tentunya wanita menginginkan kulit yang sehat lembat, lembut, kenyal, dan kencang. Menurut dokter ahli kesehatan kulit dr Shannaz Nadia Yusharyahya, SpKK masa kejayaan kulit terdapat ketika usia 20-an.

“Pada usia 20-an elastisitas dan kelembaban kulit baik. Umur 20 hormon mulai menurun dan stabil. Yang tadinya berjerawat jadi nggak berjerawat lagi,” ujarnya ketika ditemui dalam acara seminar kesehatan kulit, di Pastis Kitchen, Kuningan, Jakarta.

Pada usia 20-an itulah, ujar dr Nadia, kadar kelembaban kulit dan elastisitas kulit pada kondisi terbaik serta rona kulit sempurna dan merata. dr Nadia menyarankan di usia itu, seseorang harus rajin merawat kulit dengan memakai pelembab dan tabir surya. Ada baiknya bila para wanita sudah merawat kulit sedini mungkin.

Perawatan Kulit untuk Usia 30-an

Sementara itu di usia 30-an biasanya sudah mulai timbul kerutan, warna kulit kusam dan flek-flek. Menurut dr Nadia, kulit orang Indonesia biasanya akan lebih banyak timbul flek-flek dibanding orang asing yang masalahnya lebih kepada kerutan. Banyak faktor yang bisa menimbulkan masalah di kulit, antara lain kesibukan beraktivitas, stres, dan mengurus keluarga sehingga tidak punya waktu untuk mengurus diri sendiri.

“Untuk usia 30-an gunakan pelembab yang ada bahan aktifnya seperti pro-retinol, AHA, vitamin B3, dan antioksidan karena proses regenerasi sel-sel mulai melambat. Siklus yang normal tiap 28 hari kita ganti kulit. Usia 30-an mulai melambat bisa 29 atau 30 hari. Akibatnya penumpukan sel-sel kulit mati, kulit menjadi kusam,” ucapnya.

Faktor lain yang bisa menyebabkan masalah kulit yaitu gaya hidup, terutama bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan. Misalnya, berada di ruangan ber-AC, terkena paparan sinar matahari berlebihan, polusi kendaraan atau asap rokok, makan dan minum tidak sehat, dan kurang istirahat. Lebih lanjut dr. Nadia pun menjelaskan zat-zat aktif yang bisa membantu menyehatkan kulit.

“Pro-retinol menghindari kulit kusam, kolagen bisa bertambah, struktur lebih rapih, kulit kencang. AHA dari asam buah-buahan. Yang paling populer dari tebu, bisa mengurangi kerut dengan mengencangkan kolagen. Vitamin B3 mengurangi pigmentasi. Antioksidan mengangkat radikal bebas dan menghilangkan kerut,” katanya.

Selain perawatan luar kulit, wanita yang ingin memiilki kulit sehat juga harus menjaga gaya hidup dan asupan makanan.

“Nutrisi makanan yang baik yang mengandung banyak antioksidan, seperti buah dan sayur. Minum air yang cukup minimal dua liter sehari, air putih. Makanan makin berwarna makin baik seperti sayuran hijau. Buah juga makin berwarna makin baik,” ujarnya. (umi)

TULISAN BARU
More

CINTA Q

q ada karna kau ada,krna q lahir untuk menemanimu seumur hidup q🙂

Previous Older Entries